A. Ide
dasar
Pada
umumnya siswa mengalami kesulitan dalam mengenal pecahan dan mengetahui
pembilang dan penyebutnya. Untuk membantu siswa lebih
memahami adalah dengan membuat alat peraga yang mudah dipakai siswa sehingga
siswa akan lebih mudah memahaminya. Dengan adanya alat peraga
ini diharapkan kesulitan siswa mengenal pecahan sederhana akan dapat
diatasi.
B. Kompetensi
Dasar
Mengenal Pecahan sederhana
C. Tujuan
Alat peraga pecahan sederhana digunakan untuk menunjukkan pada siswa tentang konsep pecahan yang sebenarnya dan juga
mengenalkan antara pembilang dan penyebut.
D. Manfaat
Dengan alat
peraga ini siswa diharapkan dapat lebih mudah
memahami pecahan sederhana dengan konsep yang benar.
E. Alat
dan Bahan:
1.
Triplek
ukuran 1x1 m
2.
Kain
flanel
3.
Kertas
milimeter
4.
Lem
5.
Kretekan
6.
Paku
pines
7.
Gunting
8.
Cutter
F. Cara Pembuatan :
a.
Siapkan triplek ukuran 1x1 m
b.
Lapisi triplek dengan kain
flanel
c.
Potong kertas milimeter
sehingga membentuk beberapa bangun datar yang berbeda
d.
Setiap bangun datar dipotong
sehingga mendapatkan pecahan ½, ¼, 1/8, 1/3, 1/6 dsb.
e.
Setiap bagian dari bangun datar
yang di potong di tempelkan kretekan yang kasar.
H.
Cara Penggunaan
Membelajarkan pecahan ½ dengan
menunjukkan salah satu gambar yang bernilai ½ kemudian dilepas satu bagian
sehingga bernilai ½, dan bagian yang diambil nantinya akan menjadi pembilang,
dan semua bagian yang ada tadi akan menjadi penyebut.
Contoh :
Bangun
trapesium yang di bagi 2, jika diambil 1 bagian berarti itu 1 dari dua bagian
yang diambil, nilainya ½.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar