Tim Penulis

Tim Penulis : Rudi Ashari (088000026), Widya Rachmawati (088000011), Yuniati (0880000)

Senin, 14 Mei 2012

ALAT PERAGA PENGENALAN PECAHAN SEDERHANA



A.  Ide dasar
Pada umumnya siswa mengalami kesulitan dalam mengenal pecahan dan mengetahui pembilang dan penyebutnya. Untuk membantu siswa lebih memahami adalah dengan membuat alat peraga yang mudah dipakai siswa sehingga siswa akan lebih mudah memahaminya. Dengan adanya alat peraga ini diharapkan kesulitan siswa mengenal pecahan sederhana akan dapat diatasi.

B.  Kompetensi Dasar
Mengenal Pecahan sederhana

C.  Tujuan
Alat peraga pecahan sederhana digunakan untuk menunjukkan pada siswa tentang konsep pecahan yang sebenarnya dan juga mengenalkan antara pembilang dan penyebut.

D.  Manfaat
Dengan alat peraga ini siswa diharapkan dapat lebih mudah memahami pecahan sederhana dengan konsep yang benar.

E.  Alat dan Bahan:


1.      Triplek ukuran 1x1 m
2.      Kain flanel
3.      Kertas milimeter
4.      Lem
5.      Kretekan
6.      Paku pines
7.      Gunting
8.      Cutter


F.   Cara Pembuatan :
a.       Siapkan triplek ukuran 1x1 m
b.      Lapisi triplek dengan kain flanel
c.       Potong kertas milimeter sehingga membentuk beberapa bangun datar yang berbeda
d.      Setiap bangun datar dipotong sehingga mendapatkan pecahan ½, ¼, 1/8, 1/3, 1/6 dsb.
e.       Setiap bagian dari bangun datar yang di potong di tempelkan kretekan yang kasar.

G.  Bentuk Alat Peraga
                         
  
H.      Cara Penggunaan
Membelajarkan pecahan ½ dengan menunjukkan salah satu gambar yang bernilai ½ kemudian dilepas satu bagian sehingga bernilai ½, dan bagian yang diambil nantinya akan menjadi pembilang, dan semua bagian yang ada tadi akan menjadi penyebut.

Contoh :
Bangun trapesium yang di bagi 2, jika diambil 1 bagian berarti itu 1 dari dua bagian yang diambil, nilainya ½.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar